Anggun Ditegur Komnas PA

Aksi panggung Anggun C Sasmi di sejumlah kota, termasuk di Bandung memancing reaksi. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menilai Anggun telah bersikap kontradiktif dengan misinya sebagai Goodwill Ambassador Food and Agriculture Organization (FAO), yang memegang misi memerangi kemiskinan dan kelaparan.

Konser Anggun di Bandung dianggap bertentangan dengan misinya sebagai Duta FAO karena konsernya masih saja disponsori perusahaan rokok. "Selama dua tahun kita terus memerangi rokok, karena ternyata rokok salah satu penyumbang terbesar kemiskinan," kata Sekretaris Jenderal Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, di kantornya.

Menurut Arist, Anggun seharusnya menjaga citra dirinya dengan tidak melibatkan perusahaan rokok dalam konsernya. "Kita akan tetap perang. Tidak akan ada hentinya kita melawan rokok. Konser boleh saja, tetapi jangan ada yang menjual logo rokok. Anggun sebagai warga negara Perancis pun tidak mau konser di Eropa dengan sponsor rokok karena dia enggak pernah berani," tekannya.

Sebelumnya, lanjut Arist, pihaknya telah melayangkan surat kepada Anggun agar tidak menggunakan rokok sebagai sponsor konsernya. Apalagi, Anggun dipercaya untuk menjadi duta organisasi PBB itu.

"Kami juga telah mengirimkan surat kepada pihak-pihak yang terkait seperti FAO, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, serta Warner Music France agar meniadakan sponsor rokok dalam konsernya Anggun. Karena ini sangat kontradiktif. Di sisi lain dia sebagai duta memerangi kemiskinan, tapi di satu sisi konsernya justru disponsori oleh penyebab kemiskinan," tegas Arist.

Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar