Susno Sebut Kapolri Terlanjur Malu ke SBY

Kontroversi buku Susno Duadji tidak hanya terkait tulisan mengenai penghentian sementara penyidikan kasus Bank Century karena Boediono terpilih menjadi wapres, namun juga mengenai sikap Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dalam mengusut kasus kriminalisasi dua pimpinan KPK.

Kapolri sudah terlanjur melapor ke Presiden SBY bahwa ada penyuapan yang melibatkan pimpinan KPK sebagai motif terjadinya pembunuhan Dirut PT Rajawati Putra Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnen. Di sisi lain, tim yang dibentuk kapolri tidak menemukan bukti untuk mengungkap motif pembunuhan.

“Kapolri merasa malu kalau laporannya tersebut tidak bisa dibuktikan, untuk itulah kapolri memerintahkan Tim Penyidik yang sudah dibentuk untuk mencari kasus yang dapat dibuktikan guna menjerat pimpinan KPK,” tulis Susno dalam kerangka buku berjudul Bhayangkara Sejati Tidak Pernah Mengeluh Bab IV.

Tim penyidik yang dimaksud Susno adalah yang dipimpin Wakabareskrim Irjen Pol Hadiatmoko, yang kemudian membentuk lima tim.

“Selanjutnya tim penyidik mendapatkan kasus sebagaimana yang bergulir saat ini yang menyebabkan kontroversi. Penyidikan sepenuhnya dibawah kendali kapolri. Kabareskrim tidak diberi peran signifikan kecuali atas perintah kapolri,” lanjut Susno.


Sumber >> http://wagiah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar